Pada tanggal 11 dan 12 Oktober 2023, SMK Negeri 4 Sampit menyambut dengan tangan terbuka tim akreditasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dalam proses visitasi akreditasi yang sangat penting. Tim akreditasi ini dipimpin oleh Bapak Baoak Nekson, S.Pd, dan Bapak Betuel, M.Pd, dan bertujuan untuk menilai kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh SMK Negeri 4 Sampit. Proses visitasi ini mencakup berbagai aspek, termasuk:
1. Validasi Berkas Akreditasi SMK N 4 Sampit
Proses akreditasi dimulai dengan validasi berkas akreditasi yang telah dipersiapkan oleh SMK Negeri 4 Sampit. Tim akreditasi BNSP memeriksa berbagai dokumen yang mencakup rencana dan program pendidikan, kurikulum, sumber daya manusia, serta berbagai aspek administratif lainnya. Validasi berkas ini merupakan langkah awal dalam menilai sejauh mana sekolah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh BNSP.
2. Interviuw Menggunakan Anget untuk Guru dan Siswa
Selama dua hari visitasi, tim akreditasi melakukan wawancara dengan guru dan siswa menggunakan metode yang bersifat komunikatif dan mendalam. Pendekatan “anget” (asas normatif, generatif, eksploratif, dan transformasional) digunakan untuk memahami bagaimana pemangku kepentingan di SMK Negeri 4 Sampit menjalankan tanggung jawab mereka. Wawancara ini memberikan gambaran nyata tentang pandangan dan praktik yang ada di sekolah.
3. Validasi Sarana dan Prasarana
Validasi sarana dan prasarana merupakan tahap penting dalam proses akreditasi. Tim akreditasi memeriksa fasilitas fisik, peralatan, dan teknologi yang digunakan oleh sekolah. Ini mencakup pemeriksaan ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, serta fasilitas lain yang mendukung proses belajar mengajar. Tujuannya adalah memastikan bahwa lingkungan belajar di SMK Negeri 4 Sampit sesuai dengan standar yang ditetapkan.
4. Proses Belajar Mengajar
Selama visitasi, tim akreditasi juga mengamati langsung proses belajar mengajar di SMK Negeri 4 Sampit. Mereka memantau metode pengajaran, interaksi guru-siswa, serta sistem penilaian pembelajaran. Evaluasi ini membantu menilai sejauh mana kompetensi pendidikan yang disediakan oleh sekolah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
5. Administrasi Sekolah (TU)
Aspek administrasi sekolah menjadi fokus dalam proses akreditasi. Tim akreditasi mengevaluasi tata kelola sekolah, manajemen administratif, pengelolaan data, serta sistem evaluasi kinerja guru dan staf administrasi. Ini penting untuk memastikan bahwa SMK Negeri 4 Sampit memiliki proses administrasi yang efisien dan efektif.
6. Refleksi Pertemuan Akhir Tim Akreditasi
Pada akhir visitasi, tim akreditasi dan pihak sekolah melakukan pertemuan akhir. Ini adalah kesempatan bagi tim akreditasi untuk memberikan umpan balik awal kepada SMK Negeri 4 Sampit tentang temuan mereka selama proses akreditasi. Pertemuan ini juga merupakan wadah untuk diskusi dan refleksi bersama mengenai langkah-langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.
Proses visitasi akreditasi dari BNSP adalah langkah penting dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan di SMK Negeri 4 Sampit. Dengan kerja keras dan kolaborasi antara sekolah dan tim akreditasi, SMK Negeri 4 Sampit berharap dapat memastikan bahwa pendidikan yang mereka tawarkan sesuai dengan standar nasional, memberikan pengalaman belajar yang terbaik bagi siswa, dan berkontribusi pada perkembangan SDM yang berkualitas.