Pada hari Senin, 2 September 2024, SMK Negeri 4 Sampit menggelar rapat dengar pendapat antara siswa dengan pihak sekolah. Rapat ini dihadiri oleh seluruh pengurus OSIS, perwakilan siswa kelas 3, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, serta Calon Guru Penggerak (CGP) angkatan X. Pertemuan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa menyampaikan aspirasi mereka terkait kondisi sekolah dan peraturan yang berlaku.
Dalam suasana diskusi yang terbuka dan produktif, para siswa menyampaikan berbagai masukan, harapan, serta saran perbaikan terhadap peraturan dan kondisi sekolah. Pihak sekolah mendengarkan dengan seksama, menunjukkan komitmen mereka untuk mempertimbangkan setiap masukan yang diberikan. Para siswa berharap ada penyesuaian terhadap beberapa aturan serta peningkatan fasilitas guna mendukung kenyamanan dan kualitas pembelajaran.
Ibu Rusli Haryanti, S.P., M.Pd., selaku kepala sekolah, memberikan penjelasan mengenai aset-aset sekolah yang telah ada serta rencana pengembangan fasilitas yang lebih baik. Beliau menegaskan bahwa sekolah terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana demi menunjang kegiatan belajar mengajar yang optimal. Komitmen ini menjadi bagian dari visi sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang ramah dan mendukung perkembangan siswa.
Dalam kesempatan yang sama, Ibu Julianthie, pembimbing program Jumat Berkah, turut memaparkan rencana tindak lanjut dari kegiatan tersebut. Program ini bertujuan meningkatkan kepedulian sosial di kalangan siswa dan direncanakan akan dilaksanakan secara rutin dengan pola yang lebih terstruktur. Program ini telah mendapatkan respon positif dari siswa karena memberikan kesempatan mereka untuk terlibat langsung dalam kegiatan sosial di sekolah dan lingkungan sekitarnya.
Pak Rustam, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, juga menyampaikan program kerja kesiswaan yang mencakup pengembangan kegiatan ekstrakurikuler. Program ini dirancang untuk mendukung siswa dalam mengembangkan bakat dan minat di luar akademik serta membangun karakter yang kuat dan positif. Kegiatan ekstrakurikuler tersebut diharapkan dapat menjadi ruang bagi siswa untuk berekspresi dan berkarya.
Rapat ini ditutup dengan kesepakatan bersama untuk terus membangun kerjasama yang baik antara siswa dan pihak sekolah. Melalui kolaborasi ini, diharapkan tercipta lingkungan belajar yang lebih kondusif dan mendukung potensi siswa untuk berkembang secara optimal, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik.
Dengan adanya komunikasi yang terbuka dan partisipasi aktif dari siswa, sekolah berharap dapat terus memberikan pendidikan yang berpihak pada murid serta membangun komunitas belajar yang harmonis dan produktif.